SMKN 1 Bangkinang Gelar Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 


Bangkinang, topriaunews.com

Dalam Upaya meningkatkan kompetensi sekaligus pengenalan terhadap industri dan  menumbuhkan minat dan bakat siswa, maka dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMKN 1 Bangkinang periode 2024-2025 mengangkat tema “Suara Demokrasi dan Gaya Hidup Berkelanjutan”. 


Kegiatan diawali dengan tema Keberkerjaan dengan menghadirkan guru tamu dari berbagai Dunia Industri, Dunia Usaha dan Kampus terkait aktifitas dan kegiatan di industri, dunia usaha dan kegiatan perkuliahan sebagai bagian dari program bagi lulusan SMK  yaitu BMW (Bekerja, Melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan Wiraswasta.


Salah satu narasumber berasal dari Politeknik Tun Syed Ismail Malaysia yaitu Puan Zuraini Mohd. Safuan, yang memberikan informasi tentang sistemmoerkuliah di Negeri Jiran tersebut.


Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan proses demokrasi yang seru, yakni pemilihan calon ketua dan wakil OSIS. Debat ini menjadi ajang bagi para calon untuk menyampaikan visi dan misi mereka serta mempertajam pemahaman siswa tentang pentingnya kepemimpinan yang baik. 


Setelah Debat Paslon, siswa secara langsung menggunakan hak pilih mereka untuk menentukan pemimpin OSIS periode mendatang. 


Ada dua pasangan calon yang bersaing untuk menjadi calon ketua OSIS yaitu: Paslon 1 Romi Ramadhani - M. Nur Ikhsan dan Alfiero Husnan-Nofri Qosdiansyah Akhirnya terpilih Paslon 2 Alfiero Husnan-Nofri Qosdiansyah dengan meraih 518 suara. Selanjutnya, untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya lingkungan, siswa diajak untuk berkreasi dengan memanfaatkan limbah anorganik menjadi dekorasi kelas yang menarik. 


Kegiatan ini tidak hanya mengasah kreativitas siswa, tetapi juga mengajarkan mereka tentang pentingnya gaya hidup berkelanjutan dengan mengelola sampah yang baik sehingga menjadi karya-karya kreatif yang dapat dimanfaatkan untuk menghias kelas.


Dari yang dihasilkan terlihat kreatifitas siswa dalam menuangkan ide-ide untuk pengolahan limbah menjadi barang yang bernilai dan hiasan yang indah.


Dalam kegiatan ini siswa dibimbing dan difasilitasi oleh wali kelas dan guru pembimbing, sebagaimana disampaikan oleh Kepala SMKN 1 Bangkinang, Yusrin, S.Pd, yang didampingi oleh koordinator kegiatan, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Eka Yulia, M.Pd. Semoga dengan kegiatan-kegiatan ini dapat mengembangkan ide-ide kreatif dan wawasan siswa sebagai bekal dimasa yang akan datang.


Eka Yulia menambahkan, untuk itu ke depan, kepada siswa perlu diberikan ruang untuk berkreasi dengan berbagai kegiatan yang mengasah kompetensi dan pengembangan minat bakat siswa.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama