Polres Kuansing Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat Untuk Dukung Pengamanan Pilkada Serentak 2024

 


TELUKKUANTAN, topriaunews.com

 Polres Kuantan Singingi (Kuansing) melaksanakan Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) pada hari Sabtu, (26/10/2024). Pelatihan ini dimulai pukul 09.00 WIB dan diikuti oleh 50 personel yang terdiri dari anggota Sat Samapta, Sat Lantas, serta Polsek jajaran Polres Kuansing. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam menangani kondisi darurat yang mungkin dihadapi saat bertugas di lapangan, terutama dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2024.


Kapolres Kuantan Singingi AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K.,M.H, menyampaikan "Materi pelatihan yang diberikan mencakup berbagai teknik pertolongan pertama pada situasi gawat darurat yang kerap terjadi di lapangan. Para peserta mendapatkan panduan langkah demi langkah untuk menangani korban kecelakaan, baik yang masih sadar maupun yang tidak sadarkan diri," ujar Kapolres.


Pelatihan ini meliputi beberapa materi, yaitu Pertolongan pada Korban Kecelakaan dengan Patah Tulang dan Perdarahan, Peserta diajarkan cara memberikan pertolongan pada korban yang masih dalam keadaan sadar, termasuk teknik untuk mengendalikan perdarahan dan penanganan patah tulang, Pertolongan Pertama pada Korban Kecelakaan yang Tidak Sadarkan Diri, Pelatihan ini memberi penekanan pada prosedur yang harus dilakukan saat korban mengalami kehilangan kesadaran akibat kecelakaan.


Pertolongan Pertama pada Korban Tenggelam, Para personel dilatih cara memberikan pertolongan darurat pada korban yang mengalami kecelakaan di perairan, termasuk penanganan awal untuk mengatasi gangguan pernapasan akibat tenggelam. Pertolongan pada Korban dengan Henti Jantung dan Pemberian Resusitasi Jantung Paru (RJP), Pelatihan ini meliputi teknik Resusitasi Jantung Paru (RJP) yang sangat penting untuk dilakukan pada korban yang mengalami henti jantung. Personel mendapatkan pelatihan praktik untuk memastikan mereka mampu melakukan RJP dengan benar dan tepat waktu.


Pelatihan berakhir pukul 10.15 WIB dengan situasi yang aman dan kondusif. Kapolres Kuansing menyatakan bahwa pelatihan ini sangat penting sebagai persiapan untuk menghadapi kondisi darurat yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pilkada serentak, terutama dalam mengantisipasi situasi yang memerlukan penanganan cepat di lapangan. Selain itu, pelatihan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesiapan personel dalam melaksanakan tugas rutin mereka di masyarakat.


"Dengan adanya pelatihan PPGD ini, Polres Kuansing berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat serta menjamin bahwa personel memiliki kemampuan dalam memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat," Pungkas Kapolres.


Sumber: Humas Polres Kuansing

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama