Pimpin Apel Kesaktian Pancasila di Rumah Tolerasi GP Ansor Riau, Begini Pesan Irjen Iqbal



Pekanbaru, topriaunews.com

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Rumah Toleransi GP Ansor Riau tepatnya di Jalan KH Ahmad Dahlan, Pekanbaru, pada Selasa (1/10/2024).


Upacara tersebut dihadiri ratusan anggota GP Ansor, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jeki Rahmat Mustika, dan sejumlah pejabat utama Polda Riau.


Dalam amanatnya, Irjen Iqbal menekankan pentingnya menjaga dan memperkuat Pancasila sebagai ideologi negara.


Menurutnya, GP Ansor sebagai bagian dari Nahdlatul Ulama (NU) memiliki peran strategis dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.


“Bapak-bapak adalah garda terdepan dalam menegakkan ideologi Pancasila,” ujar Iqbal dengan penuh semangat.


Ia juga menyoroti peran vital NU yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam Ahlussunah wal Jamaah, yang telah menjadi fondasi kuat dalam menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara.


GP Ansor hadir dari Sabang sampai Merauke untuk menjaga persatuan Indonesia,” tambahnya.


Dengan jumlah anggota yang mencapai lebih dari 10.000 di Riau, GP Ansor diharapkan menjadi motor penggerak dalam memperkuat Pancasila dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


“Apel sore ini bukan hanya tentang berkumpul, tetapi juga wujud nyata komitmen kita dalam memperkokoh NKRI,” kata Iqbal.


Kapolda Riau juga menegaskan bahwa Pancasila bukan sekadar slogan, melainkan ideologi yang menyatukan bangsa Indonesia meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan.


“Alhamdulillah, meskipun banyak dinamika yang kita hadapi, Pancasila tetap menjadi perekat utama bangsa ini,” tegasnya.


Di tengah perbedaan suku, agama, dan budaya, Iqbal kembali mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama