Kapolres Kuansing Pimpin KRYD Dalam Rangka Cooling System Pilkada 2024 Pastikan Keamanan di Wilayah Kuansing

 


KUANTANSINGINGI, topriaunews.com

Guna menciptakan suasana kondusif menjelang Pilkada serentak tahun 2024, Polres Kuansing melaksanakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) pada Sabtu malam (26/10). Bertempat di Mapolsek Kuantan Tengah, apel gabungan dipimpin langsung oleh Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., dimulai pukul 21.00 WIB. Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polres Kuansing, khususnya di tengah suasana pemilu.


Apel gabungan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat utama Polres Kuansing dan personel gabungan dari berbagai instansi. Di antaranya adalah Kabag Log Polres Kuansing AKP Syarif Sujono, Kasat Lantas Polres Kuansing AKP Boy, Kasiwas Polres Kuansing IPTU Bujang Kramis, Kasubag Kerma Bag Ops Polres Kuansing AKP Elpasbed, serta KBO Sat Intelkam Polres Kuansing IPDA Asrul. Hadir pula personel dari TNI, Satpol PP, dan Pleton Siaga Regu IV Polres Kuansing yang berjumlah 37 orang.


Kapolres Kuantan Singingi AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., menyampaikan pentingnya kesiapsiagaan dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas di wilayah Kuansing menjelang pemilu. Ia menyampaikan beberapa instruksi kepada seluruh personel untuk menjalankan tugas patroli secara humanis dan sopan, serta menargetkan area-area rawan tindak pidana dan titik vital.


Kegiatan KRYD difokuskan untuk mencegah gangguan Kamtibmas, dengan kegiatan patroli di wilayah sekitar Kota Taluk Kuantan, Malam ini, patroli akan dilaksanakan bersama rekan-rekan dari TNI, Satpol PP, dan Dishub Kabupaten Kuansing, Mengingat akan adanya Pilkada, patroli akan menyasar kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Kuansing sebagai upaya preventif terhadap potensi gangguan.


Dalam menjalankan tugasnya, personel diimbau untuk bertindak secara humanis, sopan, dan santun, Fokuskan patroli pada daerah-daerah rawan kejahatan, seperti area perkantoran, pusat perbelanjaan, perbankan, dan lokasi rawan lainnya guna menjaga keamanan Kamtibmas dan Polsek Kuantan Tengah diarahkan untuk melakukan patroli jalan kaki di taman jalur, sekaligus memberikan imbauan kepada para pedagang dan pengunjung agar turut menjaga ketertiban.


Dalam pelaksanaan patroli, personel Polres Kuansing mengamankan berbagai lokasi strategis di Kota Taluk Kuantan, meliputi Jalan Proklamasi Teluk Kuantan, Bundaran Cerano Sinambek hingga Kantor Bupati Kuansing, Bundaran Cerano Sinambek menuju Sport Center Teluk Kuantan, Pusat perbelanjaan di Taman Jalur, Bank Mandiri Teluk Kuantan, Kantor Bawaslu Kabupaten Kuansing, Kantor KPU Kabupaten Kuansing, serta Gudang logistik KPU Kabupaten Kuansing.


Patroli KRYD malam itu dilakukan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua, dengan tujuan mengantisipasi kemungkinan gangguan Kamtibmas di area-area rawan tindak pidana. Selain mengamankan lokasi, personel juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menjelang Pilkada.


Kegiatan patroli KRYD didukung oleh sejumlah kendaraan operasional, antara lain Dua unit mobil patroli Sat Lantas Polres Kuansing, Satu unit mobil patroli Sat Samapta Polres Kuansing, Satu unit mobil patroli Polsek Kuantan Tengah Polres Kuansing, Dua unit sepeda motor Sat Samapta, dan Satu unit mobil patroli milik Satpol PP Kabupaten Kuansing.


Kegiatan KRYD berakhir dengan apel konsolidasi pada pukul 22.40 WIB. Kapolres Kuansing menyatakan situasi dalam keadaan aman dan kondusif, serta mengapresiasi sinergi antara Polri, TNI, dan instansi terkait dalam menjaga keamanan menjelang Pilkada 2024. "Dengan adanya patroli KRYD ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Kuansing dapat menjalankan kegiatan sehari-hari tanpa khawatir akan keamanan dan ketertiban, khususnya di masa persiapan pesta demokrasi," tandas Kapolres.


Sumber: Humas Polres Kuansing

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama