Polres Kuansing Gelar Kegiatan KRYD dalam Rangka Cooling System Pilkada 2024 Guna Antisipasi Gangguan Kamtibmas

 


TELUKKUANTAN, topriaunews.com

Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Pilkada serentak tahun 2024, Polres Kuantan Singingi (Kuansing) menggelar Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) sebagai bagian dari upaya Cooling System guna mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas di wilayah hukumnya. Kegiatan ini diawali dengan apel gabungan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., yang bertempat di Mapolsek Kuantan Tengah pada Sabtu (21/9/2024) pukul 21.00 WIB.


Apel gabungan tersebut dihadiri oleh sejumlah personel dari berbagai satuan di Polres Kuansing, bersama dengan instansi terkait seperti TNI dan Satpol PP Kabupaten Kuansing. Hadir dalam apel tersebut antara lain Kabag SDM Polres Kuansing KOMPOL Yohanes Emanuel Bambang Dewanto, S.H., Kasat Binmas Polres Kuansing AKP H. Yuhelmi, Kasat Samapta Polres Kuansing AKP Repriadi, S.E, Kbo Reskrim Polres Kuansing IPTU Mario Suwito, S.H., M.H., Kbo Sat Lantas Polres Kuansing IPTU Bambang Syaputra, Kbo Samapta IPDA Delta Heriayanto, 6 personel TNI, 7 personel Satpol PP Kabupaten Kuansing, 5 personel Polsek Kuantan Tengah dan 34 personel Ton Standby Regu III.


Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., dalam arahannya menegaskan "Pentingnya pelaksanaan KRYD guna mengantisipasi gangguan keamanan yang mungkin terjadi di wilayah Kuansing menjelang Pilkada 2024. Beberapa poin penting yang disampaikan Kapolres antara lain KRYD dilaksanakan untuk mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas di wilayah Kuansing, khususnya di seputaran Kota Teluk Kuantan," tegas Kapolres.


Patroli malam ini akan dilakukan secara gabungan dengan personel TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kuansing. Mengingat Kabupaten Kuansing akan memasuki tahapan Pilkada, personel diinstruksikan untuk melakukan patroli ke kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Kuansing guna memastikan keamanan di area tersebut.


Seluruh tindakan kepolisian di lapangan harus dilakukan secara humanis, sopan, dan santun. Patroli juga harus difokuskan di wilayah-wilayah rawan tindak pidana seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, perbankan, serta lokasi-lokasi strategis lainnya untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif menjelang Pilkada. Khusus untuk Polsek Kuantan Tengah, diinstruksikan melaksanakan patroli jalan kaki di Taman Jalur dan memberikan himbauan kepada para pedagang serta pengunjung untuk menjaga ketertiban.


Setelah arahan dari Kapolres, patroli gabungan langsung dilaksanakan dengan rute yang meliputi sejumlah titik strategis di Kota Teluk Kuantan, antara lain Sepanjang Jalan Proklamasi Teluk Kuantan, Bundaran Cerano Sinambek hingga Kantor Bupati Kuansing, Bundaran Cerano Sinambek hingga Sport Center Teluk Kuantan, Pusat-pusat perbelanjaan di Taman Jalur, Kantor Bawaslu Kabupaten Kuansing dan Kantor KPU Kabupaten Kuansing.


Patroli gabungan dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua untuk memaksimalkan pengawasan dan pencegahan gangguan Kamtibmas di lokasi-lokasi yang dianggap rawan tindak pidana. Kendaraan yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi Dua unit mobil patroli Sat Lantas Polres Kuansing, Satu unit mobil patroli Sat Samapta Polres Kuansing, Dua unit sepeda motor Sat Samapta Polres Kuansing, Satu unit mobil TNI dan Satu unit mobil patroli Satpol PP Kabupaten Kuansing.


Kegiatan KRYD diakhiri dengan apel konsolidasi yang dipimpin oleh Kabag SDM Polres Kuansing, KOMPOL Yohanes Emanuel Bambang Dewanto, S.H. Dalam apel tersebut, Kabag SDM menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan kerja keras seluruh personel yang telah menjalankan tugas dengan baik. Beliau berharap hasil dari patroli malam ini dapat menekan angka pelanggaran serta mengurangi keluhan masyarakat di Teluk Kuantan, terutama dalam menghadapi tahapan Pilkada 2024, pentingnya menjaga konsistensi dalam meningkatkan kinerja serta pelayanan kepada masyarakat demi tercapainya keamanan dan ketertiban yang lebih baik di wilayah Kuansing.


"Kegiatan KRYD selesai pada pukul 22.45 WIB. Berdasarkan hasil patroli, situasi di wilayah hukum Polres Kuansing dilaporkan dalam keadaan aman dan kondusif, tanpa adanya gangguan Kamtibmas yang signifikan. Polres Kuansing akan terus melakukan upaya preventif melalui kegiatan patroli dan pengawasan untuk menjaga ketertiban selama tahapan Pilkada 2024 berlangsung," tandas Kapolres.


Sumber: Humas Polres Kuansing

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama