Dandim 0301 Pekanbaru Hadiri Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara




PEKANBARU, topriaunews.com

Komandan Kodim 0301 Pekanbaru Kol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos., M.I. Pol menghadiri  pembukaan sosialisasi dan diseminasi pembinaan kesadaran Bela Negara pada lingkup pekerja di Kota Pekanbaru tahun 2024.


Kegiatan tersebut diselenggarakan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Brigjen TNI Heri Pribadi.


Pelaksanaan acara dilaksanakan di Hotel Grand Elite Jalan Riau, Kamis (25/07/2024).


Sosialisasi Pembinaan KBN ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bela negara masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Kota Pekanbaru. 


Dandim 0301/Pekanbaru Kolonel Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos, M.I.Pol mengatakan bela negara merupakan tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia.


“Bela negara bukan hanya tugas TNI, tetapi juga seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya


Dandim mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kesadaran bela negara dengan cara mencintai tanah air, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Serta selalu siap sedia untuk membela negara dari segala bentuk ancaman.


Kegiatan sosialisasi Pembinaan Bela Negara ini diisi dengan berbagai materi, seperti wawasan kebangsaan, bela negara dan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Peserta juga mendapatkan pelatihan tentang cara-cara membela negara dalam kehidupan sehari-hari.


“Saya mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini, kesadaran bela negara masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Kota Pekanbaru dapat semakin meningkat,” pungkasnya.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Potensi Pertahanan Kemhan Brigjen TNI Heri Pribadi, Pj. Walikota Pekanbaru diwakili Sekdako Indra Pomi Nasution, S.T.,M.Si, Kepala Sub Direktorat Lingkup Pekerja Dit. Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan DR. S.R.M. Indah Permatasari, Analis Pertahanan Negara Ahli Madya Direktorat Bela Negara, Kasi Materi dan Metodologi Subdit Lingja Dit. Bela Negara Letkol. Inf. Hafidh Widodo S.IP. M.Sc dan Dandim 0301 Pekanbaru Kol Inf Sri Marantika Beruh, S. Sos, M. I. Pol.


Selain itu juga turut hadir Kadispers Lanud RNS Kol Adm Yuniar Budiharto Fary, S.H, Kasdim 0301 Pekanbaru Letkol Arh Muliyadi S.I.P, M.I.P, Danyon Arhanudse 13/Pby diwakili Kapten Arh Sukses Arbayu, M.Han, Wadanyon Arhanudse 13/Pby, Kapolresta Pekanbaru diwakili Kanit Samapta Polsek Payung Sekaki Ipda Indra Saputra dan Para Kepala OPD Kota Pekanbaru serta kurang lebih 250 peserta Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara.


Pj. Walikota Pekanbaru diwakili Sekda Indra Pomi Nasution dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat datang serta terima kasih setinggi-tingginya kepada Kementerian Pertahanan Rl, khususnya Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan atas kepercayaan kepada Provinsi Riau, dalam hal ini Kota Pekanbaru sebagai tempat diselenggarakannya kegiatan ini.


"Kegiatan pembinaan bela negara yang kita laksanakan pada hari ini, adalah dalam rangka menyebarluaskan rasa bela negara, dimana bela negara menjadi tanggungjawab bersama bagi seluruh kementerian dan lembaga termasuk pemerintah daerah, serta seluruh komponen bangsa lainya, dengan tujuan membangun sikap mental warga negara agar senantiasa cinta Tanah Air, memiliki rasa kesadaran bangsa dan negara serta rela berkorban demi bangsa dan negara," ujar Indra Pomi.


Bela negara merupakan sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa dan negara. Bela negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggungjawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.


"Bela negara bukan hanya tugas dan tanggungjawab Prajurit TNI atau Polri, tetapi merupakan hak dan kewajiban seluruh elemen bangsa. Setiap warga negara, tanpa terkecuali, harus memiliki rasa cinta tanah air, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal untuk membela negara," tambahnya.


Di tengah perubahan zaman dan arus globalisasi yang semakin pesat, semangat bela negara harus tetap tertanam kuat dalam sanubari seluruh warga negara. Nila-nilai luhur Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Eka, dan semangat nasionalisme harus terus jaga dan lestarikan.


"Bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di kota Pekanbaru saya harapkan kegiatan ini dapat menjadi pengingat dan pemicu semangat dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara. Jadikanlah pekerja saudara sebagai wujud nyata bela negara," pungkasnya.


Sementara itu, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan dan Pembukaan Brigjen TNI Heri Pribadi dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Kementerian Pertahanan, menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada Walikota Pekanbaru beserta staf atas dukungan dan kerjasamanya dalam pelaksanaan kegiatan ini.


" Kegiatan pembinaan kesadaran bela negara ini adalah dalam rangka menyebarluaskan nilai dasar Bela Negara. Bela Negara menjadi tanggung jawab bersama seluruh Kementerian/Lembaga termasuk Pemerintah Daerah serta seluruh komponen bangsa lainnya," ujar Brigjen Heri.


Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya membangun sikap mental dan karakter bangsa serta merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari pembangunan Revolusi Mental dari Kabinet Indonesia Bersatu. 


Kegiatan ini bertujuan untuk membangun dan menanamkan sikap mental dan perilaku warga negara yang senantiasa cinta kepada tanah air.


" Bentuk ancaman tidak lagi bersifat konvensional, tetapi lebih bersifat non konvensional atau non militer, bahkan mempengaruhi hati dan pikiran manusia secara paradigmati. Hal tersebut menimbulkan efek yang sangat fundamental karena dapat merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara," tambahnya.


Pada era yang semakin terbuka dengan tingginya interdependensi seperti ini, perang bisa terjadi dengan menggunakan sarana, alat dan perang tidak hanya dilakukan dengan cara mengirim tentara atau kekuatan militer dan bukan menguasai ruang wilayah, akan tetapi menguasai ekonomi, budaya, politik, teknologi, termasuk menguasai rule of law dari sebuah negara.


"Melalui kegiatan sosialisasi dan diseminasi pembinaan kesadaran Bela Negara ini, Kementerian Pertahanan berharap akan terbangun beberapa hal diantaranya sebagai berikut: 


a. Tertanamnya nilai dasar Bela Negara dalam sanubari para peserta Sosialisasi dan Diseminasi Negara.


b. Pembinaan Kesadaran Bela Negara berperan aktif dalam mensosialisasikan dan menyebarluaskan nilai dasar Bela Negara.


c. Mengimplementasikan nilai dasar Bela Negara secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.


d. Para peserta dapat mengaktualisasikan dan menyebarluaskan nilai dasar Bela Negara kepada masyarakat di lingkungannya.


Selanjutnya Sekretaris Direktorat Potensi Pertahanan Kemhan melakukan pemukulan Gong tanda kegiatan secara resmi dibuka serta dilanjut dengan penyerahan cenderamata dari Sekertaris Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan dan dari Sekda kepada Sekertaris Direktur Jenderal Potensi Pertahanan. 


Sumber : Pendim 0301/Pekanbaru

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama