Makna Qur'ban Adalah Iklas Menurut Pengurus Persatuan Masyarakat Aceh Duri

 



Duri,Riau - TOPRIAUNEWS.COM Pengurus Paguyuban Persatuan Masyarakat Aceh (PERMASA) Duri Kabupaten Bengkalis Memaknai kegiatan pelaksanaan Qur'ban adalah sebuah bentuk ke-iklasan kita dalam menjalankan syari'at islam atas perintahnya dari Allah SWT. 


Hikmahnya yang terkandung didalamnya adalah ungkapan rasa syukur dan nikmatnya kepada Allah SWT. dalam menjalankan Ibadah kurban ini yang dilakukan oleh kaum muslimin pada hakikatnya adalah sebuah bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya. 


Allah SWT telah menginstruksikan kepada manusia khususnya orang Islam untuk mengungkapkan rasa syukur dan nikmatnya dengan istilah Tahadduts Bin Ni’Mah.  


Alhamdulillah kegiatan Qurban telah terlaksanakan dengan baik dan sesuai harapan kita pada hari Sabtu 1 Juli 2023 atau disebut juga 1444 H, di halaman kantor Sekretariat PERMASA Duri Kabupaten Bengkalis. 


Hal itu di utarakan oleh Pembina PERMASA Duri Imran ST, yang di dampingi oleh Ketua Permasa Bengkalis Duri Abdullah dan sejumlah Penasehat PERMASA serta sejumlah peserta qur'ban kepada media ini menerenangkan, Qur'ban adala sebuah pengorbanan sebagai perlambang bahwa jiwa dan perbuatan seseorang itu harus dilandasi dengan tauhid, Iman dan Taqwa, yang dapat memberikan arti bahwa kita di tuntut untuk menyakini ke-Esaannya Allah SWT. bentuk ke-ikhlasan itu adalah wujud dari sebuah Keyakinan yang Mutlak kepada Sang Maha Mutlak. 


Ikhlas adalah kepasrahan, bukan mengalah, apalagi menyerah kalah. 


Ikhlas itu adalah ketika engkau sanggup berlari melawan dan mengejar, namun engkau memilih patuh dan tunduk. Ikhlas adalah sebuah kekuatan menundukkan diri sendiri, dan semua yang engkau cintai. 


Ikhlas adalah memilih jalan-Nya, bukan karena engkau terpojok tak punya jalan lain. Ikhlas bukan lari dari kenyataan. Ikhlas bukan karena terpaksa. Ikhlas bukan merasionalisasi tindakan, bukan mengkalkulasi hasil akhir. dan Ikhlas tak pernah berhitung, tak pernah pula menepuk dada. 


وأرنا مناسكنا وتب علينا إنك أنت التواب الرحيم 


Pelaksanaaan kurban ini adalah anjuran merupakan sebagai bentuk ucapan syukur bagi umat islam atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya.(Yanti)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama